Kamis, 03 Mei 2012

Trend Technology tahun 2012

Di akhir tahun 2011 terjadi krisis dunia, khususnya negara di Eropa, yang berdampak pada perlambatan ekonomi sepanjang tahun ini. Dampak itu masih akan berlanjut pada awal 2012, bahwa banyak perusahaan yang akan melakukan efiseiensi dan pengetatan biaya operasional. Kekuatiran itu telah masuk dalam dunia IT, sebagian perusahaan besar akan mengurangi belanja IT dan melakukan efesiensi. Saatnya bagi perusahaan produsen IT untuk mencari solusi alternatif dan teknologi yang dapat menjawab kebutuhan disaat seperti ini.
Trend IT pada tahun 2012 tidak jauh berbeda dengan tahun 2011, kita tahu PC tablet dan social networking sangat mendominasi pada tahun 2011 dan itu terus berlanjut sampai tahun 2012. Berikut ini ulasan IT yang akan menjadi trend 2012:

PC Tablet


Diperkirakan tahun 2012 pada semester pertama produsen smartphone akan mengeluarkan produk-produk yang terbarunya dalam rangka meningkatkan penjualannya. Sebut saja persaingan antara merk Samsung Galaxy Tab dan Apple iPad untuk menguasai pasar tablet dunia. Masing-masing mereka akan mengeluarkan fitur dan kelebihan masing-masing. Samsung Galaxy Tab yang didukung oleh OS Android akan menampilkan aplikasinya yang beragam dan dapat diunduh secara gratis. Tidak ketinggalan iOs dari iPad akan mengeluarkan kelebihan pada perangkatnya. Tidak jauh berbeda dengan tahun 2011 bahwa tahun 2012 dominasi PC Tablet akan semakin menguasai pasar teknologi di dunia. Disamping itu pertumbuhan merk PC Tablet lain seperti Blackberry, Motorolla, Acer dan lainnya. Produsen PC Tablet China pun akan gencar dalam memproduksi PC Tablet yang murah dan mencoba untuk duplikasi produk – produk yang sangat laku dipasaran saat ini.

Jejaring Sosial (Social Networking)


Angka pertumbuhan jejaring sosial tahun 2011 meningkat sangat pesat dan munculnya pemain baru dari perusahaan raksasa dunia. Dalam jejaring sosial munculnya Google+ dan Microsoft masuk dalam industri sosial networking ini membuat persaingan yang ketat. Masing-masing jejaring sosial akan menampilkan keunikan dan mengejar segmen masing-masing. Hal ini pastinya akan mendorong kenaikan dari jumlah pengguna dan traffiknya jejaring sosial di dunia. Khususnya kawasan Asia yang merupakan kawasan yang mempunyai jumlah pertumbuhan penduduk yang cepat dan populasi yang sangat banyak, mendorong penggunaan jejaring sosial ini menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat.

Komputasi Awan (Cloud Computing)


Dampak krisis 2011 membuat vendor Cloud Computing akan mengalami kenaikan penggunanya dan salah satu tren pada tahun 2012. Penggunaan cloud computing dapat menghemat sekitar 15% – 20% dari biaya operasional dari perusahaan. Dan banyaknya perusahaan outsourching di tahun 2012 ini menggunakan layanan Cloud Computing. Persaingan harga pada layanan ini akan semakin bersaing dan akan banyak vendor yang memberikan harga yang murah dalam merebut pasar Cloud Computing ini. Vendor penyedia layanan ini harus bersiap melihat serbuan dari penggunan gadget, distributor alat teknologi dan perusahaan IT. Ini merupakan suatu peluang dari tren komputasi awan pada 2012 ini.

Handphone Pintar (Smart Phone)

Industri dari mobilephone berpindah menjadi smartphone berkat dukungan dari OS Android, hal ini membuat beberapa perusahaan besar melakukan expansi yang besar untuk memproduksi perangkat ini. Tidak ketinggalan pesaing dan pemegang pasar dunia yaitu iPhone yang akan mengeluarkan versi terbarunya pada tahun 2012. Dari sisi kemampuan bahwa spesifikasi Smartphone akan mengalami peningkatkan dari sisi kemampuan dengan dikeluarkan Quad Core Processor. Dari fungsi smartphone bukan hanya sebagai alat komunikasi tapi memasuki tahapan sebagai alat pembayaran. Penggunaan energi dari smartphone akan menggunakan perangkat yang ramah terhadap lingkungan serta tampilan layar gambar yang sangat jelas dan tajam membuat beberapa produsen dari smartphone akan merilis produk terbarunya pada tahun 2012 seperti Apple, Acer, Blackberry, Sony Erricson, Motorolla, HTC dan Samsung.

TV Digital

Televisi digital masuk dalam era IPTV dan kebutuhan TV sesuai kebutuhan pengguna akan mengalami kenaikan pada tahun 2012. Didukung dengan kecepatan konektivitas membuat pasar dari IPTV on demand sangat besar. Populasi dari pengguna PC Tablet yang besar membuat beberapa perusahaan TV Digital membidik pasar ini, mereka memberikan film-film yang diingini oleh penggunannya. Hal ini akan meningkatkan keuntungan bagi produsen dari TV Digital. Industri hiburan pun mengalami dampak yang bagus dari tren TV Digital yang masuk dalam era TV On Demand dan IPTV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar