Sabtu, 05 Mei 2012

5 Konsep Mobil Tahun 2012

Menciptakan sekaligus memamerkan konsep mobil dari tiap produsen mobil adalah upaya untuk menjaga para penggemar otomotif agar tetap setia dan menunjukkan bahwa para perusahaan kendaraan akan tetap eksis dan memiliki masa depan yang cerah bagi kelangsungan perusahaan itu sendiri maupun dunia otomotif, teknologi, dan planet bumi. Sebagian orang penasaran seperti apakah konsep-konsep mobil yang ditawarkan bagi dunia, mengingat persaingan antar produsen yang terjadi dan ditantang pula oleh lingkungan yang semakin tercemar oleh polusi udara. Berikut uniknya.com merangkum lima lagi konsep mobil tahun 2012

1.      Jaguar C-X16
Mobil konsep C-X16 ini dari segi desain eksterior terlihat jauh lebih sporty dan akan menjadi mobil berkelas di masa yang akan datang. Mobil ini dibekali mesin V6 3.0-liter yang dapat menyemburkan tenaga 380 ps dan torsi 450 Nm. Mesin tersebut dikombinasikan dengan gearbox delapan percepatan sehingga mampu berakselerasi 100 kmph hanya dalam waktu 4,4 detik. Jika ingin menghasilkan tenaga yang jauh lebih besar, pengemudi cukup menekan tombol power yang terletak pada stir kemudi.
Dengan demikian, mobil tersebut akan mendapatkan dorongan tenaga hingga 92 BHP dan torsi 235 yang berasal dari mesin listrik.

2.      Ford Evos
Evos adalah mobil coupe 4 pintu yang mengadopsi konsep gullwing. Ford Evos digerakkan teknologi hybrid yakni yang bersumber dari energi baterai lithium-ion yang dikombinasikan dengan mesin bensin berkapasitas 2.000 cc. Tenaga yang bisa dikeluarkan mesin konvensionalnya adalah 250 bhp. Lebih dari itu meski mobil hybrid Ford Evos diklaim bisa berlari mulai 0-100 km/jam dengan hitungan waktu 7 detik saja.
Teknologi PHEV yang terbenam pada Ford Evos diakui sangat handal untuk masyarakat perkotaan. Soalnya dengan sekali isi tangki bensin dan baterai secara penuh, mobil tersebut bisa menjangkau jarak sejauh 500 km. Di luar itu untuk menyamakan konsep masa depan, disain Evos dibuat unik dengan model kinetyic desain. Panjang keseluruhan Ford Evos 4,5 meter dan itu lebih panjang dari Ford Focus 2.0 AT TDci yang hanya 4,3 meter. Sementara Evos memiliki lebar 1,97 meter, tinggi 1,36 meter dan jarak sumbu roda 2,74 meter.

3.      Cadillac Ciel
Cadillac Ciel Concept merupakan sebuah mobil dengan konsep grand touring dan atap terbuka. Desainnya terinspirasi dari keindahan alam pesisir pantai California. Kata ‘Ciel’ sendiri adalam bahasa Prancis artinya langit. Pada prinsipnya mobil merupakan sebuah mobil convertible dengan 4 kursi didalmnya. Ciel membuka wawasan baru pada desain Cadillac. Mobil konsep ini hadir dengan mesin v6 3.600 cc dengan turbo ganda dan sistem suplai bahan bakar Direct Injection. Menghasilkan 425 dk dan torsi 430 Nm. Dipadu dengan motor Hybrid dengan teknologi baterai lithium-ion. Seluruh tenaga yang dihasilkan kemudian dialirkan pada keempat rodanya sekaligus.

4.      Bertone Jaguar B99

Model B99 mendapat banyak inspirasi dari Jaguar XJ dan Jaguar XK terutama dari segi layout lampu depan dan belakang. B99 sekilas terlihat bongsor, namun sebenarnya ia memiliki ukuran yang tergolong kecil dengan panjang sekitar 4,5 m dan lebar 1,95 meter. Mobil ini dibangun agak rendah dengan tinggi hanya 1,35 meter. B99 merupakan sedan 4 pintu dengan keseluruhan pintu tanpa frame dan pintu belakang model suicide door. Bertone B99 juga memiliki desain modern yang menarik, seperti terlihat dari lampu LED dan kontur panel yang melengkung serta beberapa ciri khas Jaguar.
Sedan ini memiliki dua motor 150kW yang terletak di sumbu belakang, dan memiliki satu mesin gas 1,4 liter konvensional. Mobil ini dapat melaju sampai kecepatan 570 hp dan dalam keadaan tangki bensin penuh bisa menjelajah sampai 434 mil.

5.        Alfa Romeo 4C

Didukung dengan 1.8-liter mesin Fiat 4-silinder injeksi bahan bakar langsung, alfa romero 4C mengadopsi desain dari Stradale 33 legendaris yang dulu diluncurkan pada tahun 1967. 4C Alfa memiliki kecepatan tertinggi 250 kph (155mph) dan akan mencapai  0-100kph (62mph) dalam waktu kurang dari lima detik. Dua tempat duduk dan  rear-wheel drive coupe dengan central engine rata-rata 4000mm (13.12 feet) long, sitting on a 2,400mm (7.87 feet) wheel base.
Alfa Romeo 4C 2013 akan menggunakan bahan campuran antara serat karbon dan aluminium pada rangka depan dan belakang mobil ini. Alfa Romeo ini ditargetkan hanya memiliki bobot sebesar 900 kg. Untuk penghasil daya, Alfa Romeo 4C ini akan mengadopsi mesin empat silinder 1.8 liter dengan turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 230 hp (172 kW / 233 PS). Untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda dipasangkan transmisi berkopling ganda yang memungkinkan Coupe ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 4.5 detik. (**)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar